04 November 2010

Dragster Nasional Siap Ramaikan Automasive GT Radial

oleh Prima Sp Vardhana

TRIBUNSPORT. Deretan dragster kaliber nasional dipastika akan bertempur dalam kejuaraan terbuka Automasive GT Radial Drag Race – Drag Bike di sirkuit Bandara Juanda, 6-7 November.  Selain mempertahankan gengsi masing-masing, para dragter itu juga berjuang untuk menjaga peringkatnya dalam seri yang digelar Bols Otomotif Club itu. Ini karena nomor drag race yang digelar merupakan yang ke tiga dari empat seri yang direncanakan, sementara nomor drag bike-nya merupakan ke delapan dari sembilan seri.

“Kami yakin, seri kejuaraan ini tak akan disia-siakan oleh para dragster nasional. Pasalya dalam seri kali ini, kami akan menggelarnya dengan sistem internasional untuk pelepasan pembalap. Sehingga hasil catatan waktunya, kami jamin sangat riel dan lebih akurat dibanding even drag yang digelar klub lain,” kata  Promotor Bambang Haribowo di Sekretariat kejuaraan di Jl. Mayjend Sungkono, Kamis (4/11).
Daya tarik peserta dari lomba  ini, menurut lajang berpenampilan kalem ini, terdapat pada pemanfaatan alat deteksi baru yang akan diujicobakan. Untuk sementara alat tersebut akan dicoba untuk memberangkatkan peserta drag race. Ini karena warna lampu deteksi alat baru tersebut hanya bisa dilihat peserta saat malam hari, yaitu saat kejuaraan drag race digelar mulai Sabtu (6/11) sore hingga Minggu (7/11) dini hari.
Sedangkan kejuaraan drag bike yang digelar pada Minggu (7/11) pagi hingga sore, diakui, tetap menggunakan sistem start lama. Pelepasan peserta masih menggunakan SDM untuk menyalakan lampu start, setelah peserta berada di garis pemberangkatan dengan tepat. “Namun, kedepannya jika alat detektor peserta telah kami sempurnakan, maka semua even drag kalender kami akan mempergunakan alat tersebut,” kata bapak dari dua orang anakk ini sembari tersenyum.
Target peserta yang tampil dalam kalender even yang didukung pabrikan ban GT Radial ini, dikatakan, untuk nomor drag race sebanyak 300 dragster dan nomor drag bike sebanyak 500 dragster. Target itu berpijak pada minat peserta yang tampil di seri-seri sebelumnya yang menunjukkan peningkatan peserta. Selain itu, karena telah masuknya jumlah pendaftar lewat telpon.
Peserta yang sudah masuk lewat telpon adalah peserta drag race dari Manado, Bali, Jakarta, Surabaya, Malang, dan Sidoarjo. Mayoritas dragster yang mendaftar adalah pemilik peringkat nasional. Jumlahnya sudah mencapai sekitar 80 peserta. Jumlah itu diyakini aka mengalami peningkatan saat lomba digelar. Sedangkan peserta nomor drag bike yang sudah memastikan tampil adalah para dragster yang sudah membukukan poin, sementara peserta lainnya biasanya akan mendaftar saat Minggu pagi. 
Daya tarik lainnya, dalam kejuaraan ini untuk pertama kalinya akan digelar drag bike kelas 65 keatas. Menurut dia, khusus kelas ini pembalap yang tampil di atas motr minimal 65 kg, sementara motor yang ditunggangi membopong mesn standar. (vd)

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 3 Columns Newspaper Copyright by TRIBUNSPORT.COM | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks